5 Kandungan 5Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan

iklan

5 Kandungan 5Manfaat dan Khasiat Temulawak Bagi Kesehatan
Mencegah Reumatik dan Asam Urat
Temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti peradangan alami sehingga temulawak dapat membantu mengatasi gejala peradangan sendi atau reumatik dan mencegah serangan asam urat. Jika Anda terkena reumatik, konsumsi jamu temulawak juga dapat membantu mengurangi reumatik.
baca juga :
manfaat air putih bagi tubuh
- cara menghilangkan komedo
Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Bagi kaum wanita, nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa. Temulawak memiliki khasiat sebagai penawar rasa sakit yang alami sehingga jika Anda minum jamu temulawak secara teratur, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan terasa lagi.

Memelihara Fungsi Hati
Temulawak mengandung zat yang disebut kalagoga. Kandungan ini berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi empedu dan merangsang tubuh mengosongkan kantung empedu. Temulawak bekerja dengan mengurangi kinerja enzim GOT (Glutamate Oksaloasetat Transaminase) dan menurunkan kinerja enzim GPT (Glutamate Piruvat Transaminase) baik secara klinik maupun secara pra klinik. Berdasarkan hasil uji klinis, dosis yang digunakan untuk mendapatkan manfaat menurunkan SGOT dan SGPT yakni sekitar 15-30 mg kurkumin.

Memperbaiki Fungsi Pencernaan
Serbuk rimpang temulawak dapat membantu meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga dapat membantu proses metabolisme dan menurunkan kontraksi yang terjadi di usus halus. Untuk mendapatkan manfaat ini, ambil dua gram rimpang temulawak kering. Panaskan rimpang dengan air mendidih selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya dan minum 3 kali sehari.

Menurunkan Lemak Dalam Darah
Sari temulawak dan fraksi kurkuminoid temulawak mampu menurunkan kada kolesterol, trigliserida, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Komponen yang berperan dalam menurunkan kadar lemak darah ini adalah kurkuminoid.

demikian untuk postingan mengenai Manfaat dan Khasiat Temulawak

iklan